sahabat

Barangkali persahabatan semacam medan magnet; Semakin kuat dua kutub serupa dipaksa didekatkan, sekuat itu mereka saling berlawanan. Ketika dua kutub berbeda didekatkan, mereka sulit diceraikan.

Jadi, apakah bersahabat sama dan sebangun dengan menemukan manusia yang hanya menjadi ‘cermin’ bagi keseluruhan diri kita? Apakah persahabatan sesederhana bentuk relasi penuh kepentingan yang memaksakan sejumlah ketentuan seperti “senang sama senang, susah sama susah” atau “berdiri sama tinggi duduk sama rendah”? Apakah bersahabat sepicik ketidakrelaan kita melihat sahabat kita berjalan beberapa langkah di depan kita? Benarkah persahabat serendah menetapkan batas-batas yang memenjarakan ‘kebebasan untuk menjadi manusia yang memiliki jati dirinya sendiri’?

Ah, tentu saja tidak! Persahabat sejati tidak disandarkan pada kesepakatan terhadap persamaan-persamaan tetapi kebijaksanaan untuk menerima dan memahami perbedaan-perbedaan. Sebab, seseorang yang memuji-muji dirimu sambil menjelek-jelekkan musuhmu adalah seseorang yang sama yang di waktu yang lain berkemungkinan menjelek-jelekkan dirimu dan memuji-muji musuhmu.

Maka, segeralah bersalin rupa menjadi manusia yang berhenti mencintai bayangannya sendiri; Temukanlah seseorang yang sanggup berlawanan denganmu, berselisih denganmu, menyakiti hatimu, mengecewakanmu, tetapi dengan semua itu dia sanggup menerima dirimu apa adanya: memahami keutuhan dirimu yang tak melulu tumbuh dari kebaikan—tetapi juga dari najis dan dosa.

Di sanalah kita akan menemukan makna persahabat sejati: Sebuah momen etis sekaligus momen tragis. Hubungan tak sempurna dari sepasang manusia yang menyadari bahwa hidup tak melulu baik-baik saja—tetapi bersama-sama menghadapi hidup dengan ketegaran, keteguhan, dan perjuangan akan membuat kalian baik-baik saja. Bukan untuk saling mengikat atau membatasi, tetapi saling melepaskan dan membebaskan!

Enyahkanlah rasa benci, berjalanlah, mendekatlah, dekaplah: bersahabatlah dengan musuhmu!

Read more: http://www.fahdisme.com/2012/01/sahabat.html#ixzz1koG97lAq

About rhayent23ukm

orang biasa yang mencoba menjadi orang yang luar biasa

Posted on January 29, 2012, in pernak pernik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: