sekolah para Guru sejatinya adalah sekolah para Nabi

Pekerjaan Guru sejatinya adalah pekerjaan para Nabi. Karenanya, sekolah para Guru sejatinya adalah sekolah para Nabi. Yaitu, sekolah bagi orang-orang yang akan diutus untuk menyempurnakan Akhlak kaumnya.

Eksistensi Nabi telah khatam, namun eksistensi pewarisnya akan terus ada sampai akhir zaman, merekalah para Ulama, pewaris para Nabi. Para Guru yang melahirkan generasi hebat sepanjang sejarah adalah para Guru yang Ulama, para Guru yang memiliki rasa takut hanya pada Allah swt. Para Guru yang membebaskan rasa takutnya kepada sistem, kepada ideology, kepada hawa-nafsu, kepada apapun kecuali hanya kepada Allah swt. Inilah Guru yang Ulama.

Keberanian! Itulah yang diajarkan pertama pada Sekolah Guru. Yaitu keberanian yang berangkat dari Takut dan Taqwa pada Allah swt sehingga melahirkan keberanian kepada apapun selainNya. Sesungguhnya hanya mereka yang bertaqwa yang mampu membuat lekukan di alam semesta. Hanya yang bertaqwa yang mampu menggoreskan amalnya merubah sejarah dunia.

Sepanjang sejarah para Guru ini adalah para pahlawan sesungguhnya, yang berjuang mengentaskan penindasan dan keterjajahan kaumnya. Merekalah para penggerak akal, jiwa dan tindakan menuju pembebasan. Guru-guru ini memiliki mental singa di siang hari dan mental rahib di malam hari. Mereka bukanlah para penjaja ilmu dan pengekor kesuksesan, mereka adalah para pembelajar sejati penegak kebenaran, penghancur ketidak-adilan, pelenyap ketertindasan, peretas kemuliaan bagi kaumnya, dan buminya, kemuliaan zamannya dan sistem Ilahiah. Merekalah ayah dan pemimpin para yatim sosial dan kaum tertindas.

Sesungguhnya makna mendidik bagi Guru yang menghayati perannya sebagai peran Nabi, bukanlah sekedar mentransfer ayat-ayat dan hikmah-hikmah semata, karena itu mengkhianati misi penciptaan manusia sebagai khalifah. Namun mendidik adalah merekonstruksi mind & character (aqal & akhlak), mentransformasi sosial dan budaya, mengkonservasi alam dan lingkungan, membangun wadah kedamaian bernama desa madani.

Tugas mereka bukanlah sekedar pembawa peringatan, mengharamkan dan menghalalkan, namun para guru ini utamanya adalah pembawa kabar gembira, membimbing kaumnya dengan kebijakan kasih sayang, merendahkan sayapnya laksana induk ayam yang mengerami telur-telur kesayangannya sehingga menetas sempurna. Para guru ini adalah pemberi solusi bagi kebangkitan dan perubahan, mampu menemukan kekuatan dan keunggulan kaumnya utk disempurnakan akhlaknya sehingga menjadi energy yg tak terbendung bagi kebangkitannya kelak.

Mereka, para Guru ini adalah sentra bagi tersebarnya rahmat bagi semesta alam. Mereka adalah sentra pembentukan generasi terbaik sesuai potensinya. Mereka adalah sentra pembentukan komunitas wasathon, komunitas yang melakukan tugas orkestrator dan integrator bagi perubahan dunia. Sesungguhnya merekalah sejatinya para ustadziatul alam, ..Guru Sejati bagi Semesta…

Guru ini tidak turun dari langit, mereka hidup, makan, tidur, belajar, bersosial dengan kaumnya sepanjang hidupnya. Mereka mengenal dengan dalam dan tajam setiap keunikan anggota komunitasnya dan keunikan komunitasnya secara keseluruhan, lalu memberi kesempurnaan atas kearifan-kearifan itu dengan akhlak. Para Guru ini adalah pemimpin sejati yang terasa berat olehnya penderitaan kaumnya. Merekalah para penggembala setia kaumnya, merekalah para local community leader.

Para Guru sejatinya adalah para “local community leader”, merekalah para Guru visioner yang meretas jalan bagi kejayaan peradaban kaumnya. Sesungguhnya sekolah guru adalah sekolah para pemimpin bagi keberlanjutan komunitasnya, sekolah para pemimpin bagi desa-desa di negerinya…

Salam Pendidikan Masa Depan

hari satosa

About rhayent23ukm

orang biasa yang mencoba menjadi orang yang luar biasa

Posted on December 22, 2011, in pernak pernik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: